Minggu, 01 Februari 2009

PENGARUH MUSIC TERHADAP KARAKTER MANUSIA



Setiap manusia memiliki hati dan tentu perasaaan kita di dalam hati sangat beragam, dan apa yang terjadi pada hati kita tentu akan mengalami perubahan, perubahan yang terjadi pada hati kita tentu akan berpengaruh pada pikiran kita sehingga itu dapat mengubah karakter kita sediit demi sedikit. Hanya saja perubahan karakter apa yang akan kita alami, menjadi lebih baik atau malah menjadi lebih buruk. Perubahan itu tentunya di karenakana karena berbagai macam faktor. Music merupakan salah satu faktor tersebut,mengapa saya mengatakannya demikian?
Karena saya mengalami hal tersebut. Music merupakan benda halus yang kita rasakan melalui indra pendengaran dan tak menyentuh kita secara langsung,tapi alunan music membuat karakter kita akan mengikuti seirama dengan alunan music tersebut. Tapi tentunya ini tidak terjadi pada semua orang. Setiap orang memiliki tingkat kecintaan terhadap music yang berbeda beda sehingga perubahan yang dialami tiap orangpun tidak sama.Saya mempunyai pengalaman tersendiri soal itu,
Berikut adalah pengalaman saya,
Awalnya saya adalah anak kecil yang sangat menyukai music yang riang gembira dan terkadang saya menyukai alunan Rock yang keras,dan waktu itu saya sangat nakal dan terkadang tidak memiliki aturan,dan tentu apa yang saya ceritakan saat ini karena saya telah menyadari akan hal itu.saya baru menyadari karena saya dulu suka aliran music yang keras dan bergaya Rock,tetapi bukan berarti saya mengatakan Rock memberikan dampak negative. Hanya yang terjadi pada saya adalah seperti itu apa adanya.
Dan saat saya beranjak dewasa,di SMP saya menjadi anak yang halus dan tidak terlalu kasar seperti sebelumnya,karena saya waktu itu sering mendengarkan music2 yang lembut seperti lagu classic,jazz, instrumental sehingga perasaan saya juga mengikuti irama lagu tsersebut,dan sampaia SMA pun saya tetap mendengarkan music2 seperti itu.. Dan di saat seperti itulah saya mulai berpikir dan sedikit mengamati music2 yang pernah saya dengarkan selama ini,ternyata music memang memberikan dampak tertentu bagi orang2 yang menyukai music.
Jadi alangkah baiknya bila kita mendengarkan music yang kita yakin dapat membantu menenangkan hati kita dan dapat mengembangkan kita menjadi lebih baik.

2 komentar:

  1. Seni musik telah mengiringi sejarah umat manusia, setiap peradaban selalu memiliki seni musik, pasti, selalu. Sungguh beruntung kita hidup di abad 21, dimana kita dapat dengan mudahnya mendapatkan musik yang kita inginkan. Pop, Blues, Reggae, Rock, Oriental, Jazz, Celtic, Tribal, Country, dll. Dengan adanya internet, kita dapat mengunduh lagu-lagu yang kita inginkan.

    Namun memang musik dapat mempengaruhi manusia. Saya tidak tahu ada bukti otentik atau tidak, namun saya pribadi memiliki pengalaman pribadi yang mungkin juga dialami oleh banyak orang lainnya. Ketika saya sedang sedih, maka tergantung saya menginginkan suasana yang seperti apa. Jika saya ingin bertambah sedih secara mendalam (tidak semua orang ingin segera bangkit dari kesedihannya, guna merenungkan pelajaran apa yang dapat diambil dari suasana sedih itu) maka saya tinggal menyetel lagu-lagu sendu hingga saya menangis. Tangisan adalah sebuah katarsis, untuk mengurangi sampah-sampah emosi dalam hati. Setelah saya puas menangis, maka saya segera mendengarkan musik-musik perkusi yang biasanya mendatangkan semangat hidup, untuk membantu saya bangkit dari kesedihan itu.

    Anda boleh menjadi fanatik pada satu musik tertentu, namun dengarkan juga musik-musik yang lain untuk membuat hidup menjadi berwarna. Mari berjoget dan bernyanyi.

    BalasHapus
  2. musik membuat hidup kita lebih indah dan bermakna bang...,setuju...,kapan-kapan boleh donk kita berdiskusi tentang musik

    BalasHapus